8 Cara Melatih Potty Anak Anjing Yang Keras Kepala

Semua anak anjing memiliki kepribadiannya masing-masing. Anak anjing Anda mungkin berani, pemalu, penyayang, protektif, atau kombinasi dari karakteristik ini dan lainnya.

Beberapa anak anjing sangat keras kepala, terutama dalam hal latihan pispot. Tidak peduli seberapa besar Anda mencintai teman kecil Anda yang baru, melatih pispot anak anjing yang keras kepala - dan berurusan dengan kecelakaan pispot berulang kali di rumah - bisa membuat frustrasi.

Anak anjing yang keras kepala biasanya berkembang dengan prinsip latihan toilet dasar yang sama dengan yang dilakukan semua anak anjing. 

Perbedaannya adalah Anda mungkin merasa perlu menerapkan prinsip-prinsip ini untuk jangka waktu yang lebih lama dan dengan lebih banyak penekanan. 

Jika Anda merasa sulit untuk meyakinkan anak anjing Anda bahwa latihan pispot adalah yang terbaik, lihat tips ini tentang cara melatih pispot untuk anak anjing yang keras kepala.

Baca juga: 7 Fakta Menakjubkan Tentang Hewan Peliharaan yang Mungkin Belum Anda Ketahui

8 Cara Melatih Potty Anak Anjing Yang Keras Kepala


1) Sabar

Pelatihan toilet membutuhkan waktu. Saat bekerja dengan anak anjing yang keras kepala, kesabaran adalah yang terpenting. Beberapa anak anjing melatih pispot dalam beberapa hari, sementara yang lain membutuhkan waktu enam bulan atau lebih. Jika Anda menatap ujung terakhir dari rentang ini, itu masih dianggap normal; itu hanya berarti Anda perlu mempertahankan ketekunan dan konsistensi Anda.


2) Konsisten

Letakkan rencana pispot Anda dan patuhi itu, termasuk tempat pispot yang ditunjuk anak anjing Anda. Pilih tempat yang jauh dari tempat yang sepi dan menenangkan. Dengan begitu, Anda tidak perlu menggantinya nanti jika mobil yang lewat atau gonggongan anjing tetangga menjadi gangguan yang tidak diinginkan.

Bawa anak anjing Anda keluar pada waktu yang sama setiap hari, pujilah mereka dengan cara yang sama, dan gunakan perintah yang sama.


3) Tetap pada Jadwal

Salah satu kesalahan terbesar yang dapat kita lakukan sebagai orang tua anjing adalah tidak menyadari seberapa sering anak anjing harus pergi. Sebagai aturan umum, anak anjing dapat menahan air seni selama berjam-jam saat mereka berusia beberapa bulan.

Itu berarti jika Anda tidak membiarkan anak anjing Anda yang berusia 8 minggu keluar setiap dua jam, kemungkinan besar Anda akan mengalami kecelakaan di dalam ruangan. Ini berlaku untuk malam hari juga. Jika Anda memiliki tidur yang berat, Anda mungkin bisa mencicit dengan peregangan yang sedikit lebih lama di antara istirahat pispot, tetapi jangan memaksakannya.

Anak anjing juga perlu pergi setelah bangun tidur, setelah makan atau minum, dan setelah bermain. Menjadwalkan istirahat toilet Anda untuk waktu-waktu ini akan sangat meningkatkan kesuksesan Anda.


4) Hadiah, Jangan Menghukum

Selalu gunakan penguatan positif dan pujian atau hadiahi anak anjing Anda untuk pekerjaan yang dilakukan dengan baik.1 Jangan menghukum mereka karena mengalami kecelakaan di dalam, atau Anda akan mengambil risiko menciptakan anak anjing pemalu yang terlalu takut untuk keluar dan melakukan hal yang benar.


5) Kecelakaan Pembersihan

Aroma adalah daya tarik besar bagi anjing dan memainkan peran penting di mana mereka memutuskan untuk melakukan bisnis mereka.2 Jika mereka dapat mencium bau kecelakaan mereka sebelumnya di karpet atau permadani Anda, mereka akan tertarik untuk pergi ke sana lagi. Menyeka saja tidak cukup; baunya akan bertahan lama. Menggunakan pembersih enzimatik sangat penting untuk menghilangkan semua jejak kecelakaan yang terjadi untuk menghilangkan godaan bagi anak anjing Anda untuk mengacaukannya lagi.


6) Gunakan Peti

Pelatihan peti membawa banyak manfaat. Ini bisa berguna untuk bepergian, akan menjauhkan anak anjing Anda dari masalah saat Anda pergi, dan dapat berfungsi sebagai tempat yang aman bagi mereka untuk pergi saat Anda ditemani. Pelatihan peti juga bisa menjadi metode masuk Anda untuk latihan pispot.

Gagasan di baliknya adalah bahwa anak anjing tidak ingin buang air kecil di ruang pribadi mereka.4 Jika mereka ditempatkan di peti yang cukup besar untuk mereka berdiri dan berputar dengan nyaman, mereka tidak akan memiliki ruang untuk buang air kecil dan menjauh darinya. Itu akan membuat mereka berpikir dua kali tentang kapan dan jika mereka harus pergi.

Saat melatih peti, Anda harus tetap berpegang pada aturan biarkan mereka keluar dan dengarkan dan perhatikan setiap isyarat yang harus mereka lakukan.5 Manfaat lain dari metode pelatihan peti dari latihan pispot adalah bahwa kecelakaan di dalam peti jauh lebih mudah dibersihkan daripada kecelakaan di karpet Anda.


7) Beri Mereka Waktu

Kita semua terkadang terburu-buru, terutama jika ini adalah kali ke-13 Anda membiarkan anak anjing Anda keluar rumah untuk hari itu. Membujuk anak anjing Anda yang keras kepala untuk melakukan bisnis mereka tidak akan meyakinkan mereka untuk melakukan sesuatu dengan cara Anda. Pastikan mereka memiliki cukup waktu di luar untuk menghirup udara, mengelilingi halaman, dan mengobrol dengan tetangga. Anda dapat memberi mereka perintah berulang-ulang, tetapi lembut untuk pispot, tetapi jangan menakut-nakuti atau mengganggu mereka.

Jika Anda memiliki halaman tanpa pagar dan mengkhawatirkan keselamatan mereka saat berada di luar untuk waktu yang lama, pertimbangkan untuk memasang pagar anjing nirkabel .


8) Minta Bantuan

Tidak ada salahnya membawa bala bantuan. Bantuan mungkin datang dalam bentuk pengasuh anjing, pejalan kaki anjing, atau teman yang dapat membiarkan anak anjing Anda keluar di siang hari saat Anda pergi. Penitipan anjing adalah ide lain yang dapat membantu Anda memberikan kesempatan buang air sepanjang waktu yang dibutuhkan anjing muda. Bantuan juga bisa datang dalam bentuk pelatih profesional atau ahli perilaku hewan yang dapat bekerja dengan Anda dan anak anjing Anda dalam berbagai strategi latihan pispot.

Penting juga untuk berkomunikasi dengan dokter hewan Anda. Masalah medis, seperti infeksi saluran kemih, dapat menyebabkan anak anjing tidak dapat menahan kandung kemihnya. Selalu temui dokter hewan Anda jika Anda mengalami keterlambatan dalam latihan pispot untuk menyingkirkan penyebab medis.


Pikiran Akhir

Jangan biarkan latihan pispot anak anjing Anda yang keras kepala berubah menjadi pertempuran yang mengancam hubungan Anda. Yang terpenting, pertahankan kesabaran Anda, lalu coba kiat-kiat ini untuk rumah tangga bebas kecelakaan.

BACA JUGA: 5 Alternatif Produk Pembersih Ramah Hewan Peliharaan DIY