6 Alasan Anjing Lari (Dan Cara Mencegahnya)

Jika Anda pernah kehilangan anjing Anda, Anda mungkin akan ingat betapa menakutkannya pengalaman itu. Anjing melarikan diri karena berbagai alasan termasuk kebosanan, ketakutan, atau dorongan mangsa.

Pada artikel ini, kami akan mengulas enam alasan umum mengapa anjing melarikan diri. Kami juga akan menawarkan tips tentang cara mengurangi risiko anjing Anda melarikan diri sehingga Anda tidak akan pernah mengalami pengalaman mengerikan kehilangan anjing Anda.


6 Alasan Anjing Lari & Cara Mencegahnya

1. Kebosanan

Banyak anjing lari karena bosan dan tidak ada yang lebih baik untuk dilakukan. Jika Anda tidak memberikan perhatian atau olahraga yang cukup pada anjing Anda, mereka mungkin menjadi bosan. Seekor anjing yang bosan dan gelisah lebih mungkin mendapat masalah, termasuk melarikan diri untuk berkeliaran di lingkungan sekitar.


2. Takut

Ketakutan adalah faktor utama yang menyebabkan anjing melarikan diri. Beberapa anjing takut akan kembang api atau badai petir.2 Jika hewan peliharaan Anda mendengar suara yang membuat mereka takut, mereka mungkin akan lari untuk mencoba melarikan diri dari bahaya. Ini tampaknya lebih umum di bulan-bulan musim panas dan sekitar 4 Juli ketika kembang api menjadi lebih sering. Ketakutan karena kecemasan akan perpisahan juga dapat menyebabkan anjing lari untuk mencari pemiliknya.


3. Dorongan

Jika anjing Anda tidak dikebiri atau dimandulkan, mereka mungkin akan melarikan diri untuk mencoba mencari pasangan. Ini adalah alasan yang sangat umum mengapa anjing melarikan diri. Seekor anjing betina yang sedang berahi dapat menarik anjing jantan dari seluruh lingkungan. Juga, anjing jantan yang tidak dikebiri cenderung berkeliaran untuk mencari pasangan.3


4. Prey Drive

Anjing yang tiba-tiba melihat kelinci atau tupai melarikan diri mungkin memiliki dorongan tiba-tiba untuk mengejar mereka. Jika mereka memiliki dorongan yang kuat untuk menangkap kelinci, mereka mungkin melompati pagar untuk mendapatkan mangsanya. Ini adalah alasan yang sangat umum anjing melarikan diri saat dibawa ke taman tanpa tali.


5. Rute Pelarian Mudah

Banyak anjing akan lari hanya karena ada jalan keluar yang mudah. Jika pagar Anda tidak diamankan dengan baik atau jika ada jalan keluar yang mudah, anjing Anda mungkin mengambil kesempatan untuk pergi menjelajah. Pagar rendah bisa menjadi jalan keluar yang mudah bagi banyak anjing ras besar.


6. Lingkungan Baru

Apakah Anda baru saja pindah ke rumah baru, atau sedang berlibur? Setiap kali anjing Anda diperkenalkan ke lingkungan baru, ada risiko lebih tinggi bahwa mereka akan melarikan diri. Sangat penting untuk ekstra waspada saat memperkenalkan anjing Anda ke lokasi baru.

Baca Juga: 7 Fakta Menakjubkan Tentang Hewan Peliharaan yang Mungkin Belum Anda Ketahui


Cara Menghentikan Anjing Dari Lari

Netral atau Spay Anjing Anda

Apakah anjing Anda dimandulkan atau dikebiri? Jika tidak, ini akan menjadi rekomendasi pertama untuk mengurangi perilaku roaming. Jika anjing Anda dimandulkan atau dikebiri, ini kemungkinan akan mengurangi dorongan seksualnya yang pada gilirannya akan mengurangi risiko mereka melarikan diri.


Bangun Pagar di Halaman Anda

Jika halaman Anda tidak dipagari, Anda harus mempertimbangkan untuk membangun pagar agar hewan peliharaan Anda tidak melarikan diri. Bahkan hewan peliharaan yang berperilaku paling baik pun dapat melarikan diri jika dibiarkan lepas di halaman yang tidak dipagari. Jika halaman Anda dipagari, pindai perimeter secara berkala untuk memastikan tidak ada jalan keluar yang mudah.


Latihan

Berolahraga secara teratur pada anjing Anda dapat mengurangi risiko mereka melarikan diri karena kebosanan. Seekor anjing yang berolahraga setiap hari lebih cenderung tenang dan lebih kecil kemungkinannya untuk mendapat masalah.4 Cobalah bermain lempar tangkap di halaman berpagar Anda atau ajak anjing Anda jalan-jalan setiap hari.


Jauhkan Anjing Anda Di Dalam Selama Badai Petir dan Kembang Api

Perhatikan ramalan cuaca dan kalender. Jika tampaknya akan ada badai petir, bawalah anjing Anda ke dalam sebelum badai datang, karena anjing yang fobia terhadap badai petir sering kali dapat merasakan badai yang akan datang jauh sebelum badai itu datang. Di sekitar liburan yang berhubungan dengan kembang api, jaga anjing Anda sebagian besar di dalam ruangan untuk menghindari risiko melarikan diri.


Ajari Anjing Anda Ketaatan Dasar

Anjing dengan keterampilan kepatuhan dasar cenderung tidak melarikan diri. Ajari anjing Anda perintah dasar seperti duduk, diam, dan datang. Perintah-perintah ini akan bermanfaat jika anjing Anda mulai melarikan diri. Kursus kepatuhan dasar biasanya ditawarkan di fasilitas pelatihan hewan peliharaan dan Petsmart.


Jaga Hewan Peliharaan Anda dengan Tali

Jika hewan peliharaan Anda tidak berada di area berpagar, mereka harus diikat dengan tali . Anjing dengan dorongan mangsa yang tinggi dapat melarikan diri jika mereka melihat kelinci atau tupai. Anjing yang diikat akan cenderung tidak melarikan diri untuk mengejar hewan-hewan ini.


Tindakan Keamanan Lainnya


Tempatkan Tag ID di Kerah Anjing Anda

Anjing Anda harus selalu mengenakan kalung dengan tanda pengenalnya . Salah satu cara termudah untuk menyatukan kembali hewan peliharaan yang hilang dengan pemiliknya adalah dengan menghubungi nomor telepon pada tag ID anjing. Tag ID anjing Anda harus memiliki nomor telepon Anda, nama hewan peliharaan Anda, dan kontak sekunder jika Anda tidak dapat dihubungi.


Microchip Anjing Anda

Terkadang anjing yang hilang juga kehilangan kerah dan tanda pengenalnya. Microchip adalah chip identifikasi permanen yang dapat ditanamkan di bawah kulit anjing Anda. Jika anjing yang hilang dibawa ke klinik hewan atau tempat penampungan hewan, anjing tersebut akan dipindai terlebih dahulu untuk mendapatkan microchip. Nomor microchip harus dikaitkan dengan informasi kontak Anda sehingga Anda akan dihubungi jika hewan peliharaan Anda yang hilang dipindai.


Pelacakan Anjing GPS

Sebuah microchip tidak memiliki kemampuan untuk melacak GPS hewan peliharaan Anda. Untuk perlindungan tambahan, Anda bisa mendapatkan alat pelacak GPS untuk anjing  Anda sehingga Anda dapat menemukan hewan peliharaan Anda jika mereka melarikan diri. Banyak dari pelacak ini dapat melacak anjing Anda secara real-time sehingga lebih mudah untuk menemukan hewan peliharaan Anda yang hilang.

BACA JUGA: 8 Cara Melatih Potty Anak Anjing Yang Keras Kepala