Bisakah Anjing Mengetahui Kapan Manusia Menderita Kanker

Indra keenam anjing bukanlah rahasia. Mereka sangat selaras dengan suasana hati dan emosi manusia dan tahu persis kapan harus menghibur kita ketika kita memiliki kasus blues, dapat mengendus bahkan tanda paling halus bahwa ada sesuatu yang tidak beres, dan bahkan, dalam beberapa kasus, mendeteksi ketika seseorang tidak sehat. Tetapi bisakah anjing mengetahui kapan manusia menderita kanker?

Menurut sains, mereka bisa dengan pelatihan yang tepat. Dalam posting ini, kami akan menyelidiki studi apa yang menunjukkan tentang fenomena ini.

Bisakah Anjing Mencium Kanker pada Manusia?

Penelitian telah mengkonfirmasi bahwa anjing memiliki kemampuan untuk mengendus penyakit, termasuk kanker. Ini disebabkan oleh fakta bahwa indera penciuman anjing sangat tajam. Untuk menempatkan ini ke dalam perspektif, anjing memiliki hingga 300 juta reseptor aroma di hidung mereka, dibandingkan dengan hanya 5 juta yang dimiliki manusia.

Indera penciuman yang tajam inilah yang membantu anjing untuk mencium bau kanker. Sel kanker mengeluarkan bau yang dikenal sebagai senyawa organik yang mudah menguap yang meninggalkan jejak di dalam tubuh atau meninggalkan tubuh melalui sekresi (napas, urin, dll.), dan bau inilah yang dapat dicium oleh anjing.

Baca juga: Mengapa Anjing Saya Kencing Di Rumah? Pertanyaan Dan Solusi Pelatihan Potty.

Misalnya, jika anjing pelacak medis mencium bau napas seseorang dengan kanker paru-paru, mereka akan dapat mendeteksi sel-sel kanker. Jika disajikan dengan sampel biopsi, mereka akan dapat mendeteksi sel kanker serviks.

Pada catatan itu, anjing perlu dilatih untuk dapat melakukan ini. Ini dilakukan dengan meminta anjing mencium berbagai sekresi, seperti napas, urin, dan plasma. Selama beberapa bulan, ini mengajarkan mereka untuk membedakan antara sampel yang sehat dan tidak sehat.

Bagaimana Anjing Menunjukkan Kehadiran Kanker?

Seekor anjing yang menandakan adanya sel kanker dapat berperilaku dalam berbagai cara, sebagian besar tergantung pada apa yang telah mereka lakukan dan temperamen individu. Menurut seorang wanita yang didiagnosis menderita kanker ovarium, husky-nya, Sierra, meletakkan hidungnya di perut bagian bawah dan mengendus dengan saksama sebelum meringkuk menjadi bola dengan hidung di bawah ekornya dalam kesusahan.

Dalam contoh lain, seekor anjing pencari dan penyelamat dikatakan telah mendeteksi kanker paru-paru pemiliknya dan memberi isyarat yang mirip dengan apa yang dilakukan Sierra si husky , tetapi di dada. Anjing itu juga mencakar manusianya dengan cara yang menyedihkan.

Dari apa yang telah dilaporkan oleh pasien kanker, tampaknya anjing biasanya memberi sinyal kanker dengan mengendus bagian tubuh yang terkena, menyenggol atau menempelkan hidung di area tersebut, mengais-ngais orang tersebut, dan menjadi tertekan, cemas, atau sangat lengket.

Apakah Ada Anjing Pelacak Medis?

Ya. Sebagai contoh, Medical Detection Dogs , sebuah organisasi di Inggris, bekerja sama dengan National Health Service (NHS) dan peneliti dari seluruh dunia untuk memahami bagaimana anjing yang terlatih khusus ini dapat membantu dalam diagnosis kanker dan penyakit lainnya.

Tujuan akhir organisasi ini adalah bahwa pekerjaannya berkontribusi terhadap kemampuan dokter untuk mendeteksi dan mendiagnosis kanker lebih awal dan sebagai hasilnya menyelamatkan lebih banyak nyawa.

Organisasi ini juga melatih anjing sebagai anjing bantuan peringatan medis. Anjing-anjing ini membantu mendukung orang-orang dengan kondisi kesehatan yang ada seperti Diabetes Tipe 1 dan Penyakit Addison dan dilatih untuk memberikan peringatan ketika mereka merasakan keadaan darurat yang akan segera terjadi.

Pikiran Akhir

Jadi, itu dia! Indera penciuman anjing sangat tajam sehingga mereka dapat dilatih untuk mengendus kanker dan penyakit lain pada manusia . Ini hanyalah hal lain untuk ditambahkan ke daftar panjang mengapa anjing luar biasa.

Jika anjing Anda tampak sangat sibuk dengan bagian tertentu dari tubuh Anda atau menunjukkan sinyal yang dijelaskan dalam posting ini, itu tidak berarti Anda menderita kanker atau penyakit tertentu—terkadang, anjing hanya usil dan biasanya dilatih anjing pelacak yang mendeteksi kanker — tetapi mungkin ada baiknya melakukan pemeriksaan untuk memastikan anjing Anda tidak benar-benar menyukai sesuatu.

Baca Juga: 5 Pelacak & Kerah Anjing GPS Terbaik