Cara Mengobati Kista Sebaceous Pada Kucing

Saat Anda berpelukan dengan kucing Anda, Anda berharap untuk merasakan bulu yang lembut dan halus, bukan gumpalan dan benjolan!

Sangat mengkhawatirkan merasakan benjolan tak dikenal di bawah kulit kucing Anda. Jika Anda telah diberitahu oleh dokter hewan bahwa kucing Anda memiliki kista sebaceous, Anda mungkin masih sedikit bingung tentang apa itu dan bagaimana cara mengobati kista sebaceous pada kucing.

Apa Itu Kista Sebaceous?

Istilah yang aneh, kista sebaceous. Apa artinya? Mari kita hancurkan.

Kata sebaceous didasarkan pada istilah "sebum." Sebum adalah zat berminyak tebal yang diproduksi oleh kelenjar kecil di dalam kulit agar tetap terlumasi dan lembab.

Sebuah "kista" adalah setiap pelebaran non-kanker dari struktur yang sebelumnya normal yang membentuk kantung kecil yang diisi dengan berbagai produk dari tubuh. Dari situlah nama "kista sebaceous" berasal: itu adalah kantung atau kista yang diisi dengan sebum.

Baca Juga: 6 Alasan Anjing Lari (Dan Cara Mencegahnya)

Meskipun sebagian besar pemilik kucing dan dokter hewan menyebut kantung berisi sebum ini kista sebaceous, istilah yang lebih akurat adalah adenoma sebaceous atau kista folikel. Tapi itu lebih detail daripada yang perlu Anda ketahui dalam banyak kasus.

Kista sebaceous biasanya tidak menimbulkan masalah kecuali mereka mengalami trauma. Kista di area tubuh yang bertekanan tinggi seperti siku mengalami trauma terus-menerus. Menjilati atau mengunyah kista secara berlebihan juga akan menyebabkan kista meradang


Seperti Apa Kista Sebaceous pada Kucing?

Kista sebaceous pada kucing muncul sebagai nodul tunggal atau ganda di dalam atau di bawah kulit. Mereka paling umum di kepala, tubuh, dan kaki bagian atas tetapi mereka dapat terjadi di mana saja.

Kebanyakan kista muncul secara tiba-tiba dan tidak banyak berubah seiring waktu. Kista sebasea kadang-kadang pecah dan mengeluarkan cairan seperti lilin yang mungkin berwarna cokelat muda hingga hitam. Bahan sebaceous ini terlihat seperti keju cottage dan sering kali memiliki sedikit campuran darah.

Kadang-kadang, kista sebaceous dapat meradang setelah mengalami trauma. Kulit di sekitar nodul akan tampak merah dan mungkin terasa nyeri.

Tidak mungkin untuk mengetahui apakah nodul adalah kista sebaceous dengan pasti hanya dengan melihatnya. Dan karena setiap nodul mungkin jinak atau kanker, cara terbaik untuk mendiagnosis kista sebaceous adalah dengan aspirasi jarum atau biopsi bedah .

Dokter hewan Anda dapat melakukan aspirasi jarum dengan menusukkan jarum kecil ke dalam kista untuk mengumpulkan sampel untuk diperiksa secara mikroskopis. Dimungkinkan untuk mendiagnosis banyak kista sebaceous dengan cara ini tanpa menggunakan anestesi.


Penyebab Kista Sebaceous pada Kucing

Penyebab kista sebaceous pada kucing tidak diketahui. Tampaknya ada kecenderungan bawaan untuk membentuk kista sebaceous pada beberapa kucing , terutama ras yang tidak berbulu seperti kucing Sphinx.

Titik-titik tekanan pada tubuh, seperti siku, terkadang membentuk kista sebagai respons terhadap trauma berulang.


Haruskah Anda Mencoba Menguras Kista Sebaceous pada Kucing?

Jika kista pecah dengan sendirinya, biasanya aman untuk menyeka bahan yang keluar dengan sabun lembut dan air pada kain lembut. Jika area tersebut meradang atau nyeri, cari bantuan dari dokter hewan Anda.

Tidak pernah bijaksana untuk mencoba mengeringkan kista sebaceous di rumah. Untuk satu hal, nodul mungkin bukan kista sebaceous sama sekali. Untuk hal lain, mengeringkan kista yang “tenang” dapat menyebabkan peradangan dan penyembuhan yang rumit .

Dokter hewan terkadang akan menusuk dan mengeringkan kista yang meradang, tetapi mereka biasanya juga meresepkan obat untuk membantu mengendalikan peradangan. Setelah kista yang meradang sembuh, pada akhirnya akan terisi dengan bahan sebaceous lagi , sehingga tindakan menusuk dan mengeringkan jarang dapat menyembuhkan kista.


Pengobatan Kista Sebaceous pada Kucing

Selain operasi pengangkatan kista sebaceous, tidak ada pengobatan yang pasti.

Mungkin bermanfaat untuk memandikan kucing dengan sampo obat yang mengandung benzoil peroksida atau asam salisilat untuk mencegah folikel kulit mengumpulkan minyak. Benzoil peroksida bisa terlalu kering untuk beberapa hewan yang menyebabkan kemerahan dan kulit kering, jadi hati-hati dengan ini dan encerkan sampo atau hentikan penggunaannya jika itu terjadi.

Prognosis untuk kista sebaceous baik karena merupakan jenis tumor jinak. Mereka tidak diharapkan menyebar ke bagian lain dari tubuh atau tumbuh dengan cepat. Pantau kista sebaceous untuk perubahan ukuran, bentuk, dan tekstur setidaknya seminggu sekali dan periksakan kucing ke dokter hewan jika Anda melihat perubahan ini.

Terjemahan dari: pangopets.com/

BACA JUGA: 5 Tips Untuk Mengusir Anjing Dari Tempat Tidur Bunga Anda