Mengapa Anjing Berguling Di Kotoran

Anjing-anjing kami memberi kami kegembiraan, setidaknya sebagian besar waktu — mungkin tidak begitu banyak ketika mereka berguling-guling. Menggulingkan kotoran tidak hanya membuat anjing Anda berbau tidak sedap, tetapi Anda juga harus memandikannya sebelum mengizinkannya kembali ke rumah, dan terutama kembali ke perabotan.

Meskipun berguling-guling di kotoran tampaknya menjadi bagian dari sifat anjing, ada alasan khusus mengapa dia melakukan ini. Dalam artikel ini, kita akan melihat apa penyebabnya serta mencari solusi tentang cara menghentikan perilaku ini sehingga Anda tidak merasa tidak nyaman saat memandikan anjing bau Anda.

5 Alasan Utama Anjing Berguling di Kotoran

1. Mereka Tertarik dengan Baunya

Bau yang menurut manusia menyenangkan sangat berbeda dari apa yang menurut anjing menyenangkan. Dengan itu, anjing Anda mungkin berguling-guling dalam kotoran hanya karena dia menyukai baunya dan ingin membawa bau itu bersamanya.

Ini mungkin tampak menjijikkan, tetapi sebenarnya ada bukti biologis dan ilmiah di balik teori ini. Itu bermuara pada seekor anjing yang memiliki hidung yang lebih sensitif daripada manusia. Anjing Anda memiliki hingga 300 juta reseptor penciuman di hidungnya. Bau dideteksi oleh reseptor penciuman dan kemudian bau itu mengikatnya.

Sebagai perbandingan, hidung manusia memiliki sekitar 6 juta reseptor penciuman. Itu berarti anjing Anda bisa mencium lebih banyak hal di kotoran yang menariknya ke sana. Anjing juga memiliki sesuatu yang disebut neofilia, yang berarti mereka tertarik pada hal-hal baru dan menarik. Salah satu cara mereka menentukan hal-hal baru dan menarik adalah melalui indera penciuman mereka.

2. Mereka Berkomunikasi Dengan Paketnya

Anjing mungkin berguling di kotoran sebagai cara untuk berkomunikasi dengan "paket" mereka, apakah paket itu adalah Anda atau anjing lain di rumah Anda. Misalnya, anjing Anda mungkin menemukan kotoran yang berbau menarik dan berguling-guling di dalamnya untuk mengembalikan aroma itu ke kawanannya.


Teori ini didukung oleh perilaku yang biasa terlihat pada serigala, yang terkait dengan anjing. Salah satu cara serigala berkomunikasi adalah dengan menggunakan aroma, termasuk berguling di kotoran. Meskipun tidak jelas mengapa serigala melakukan hal ini, diperkirakan dengan mengembalikan aroma tersebut ke kelompoknya, serigala lain dapat mengikuti aroma tersebut kembali ke sumbernya. Ini membantu berburu jika kotoran itu dihasilkan oleh hewan lain.

3. Mereka Meninggalkan Aromanya

Alasan lain mengapa anjing berguling-guling di kotoran bisa jadi karena mereka meninggalkan aroma mereka sendiri, terutama jika dia berguling-guling di kotoran anjing lain. Ini adalah perilaku yang mirip dengan menandai, di mana anjing Anda dapat buang air kecil pada segala sesuatu.

Perilaku ini didukung oleh fakta bahwa anjing memiliki kelenjar keringat tetapi tidak berkeringat. Kelenjar keringat disebut kelenjar apokrin dan terletak di berbagai bagian kulit anjing Anda. Diperkirakan bahwa kelenjar ini menghasilkan feromon, yang merupakan bahan kimia aroma yang dapat diambil oleh anjing lain. Anjing Anda mungkin memberi tahu anjing lain bahwa ini adalah tempatnya, atau dia mungkin mencoba menarik pasangannya.

4. Mereka Menyembunyikan Aroma Mereka Sendiri

Jika anjing Anda mengeluarkan kotorannya, terutama kotoran hewan lain, bisa jadi dia berusaha menyembunyikan baunya sendiri. Ini dianggap sebagai perilaku naluriah juga. Meskipun Anda memberi anjing Anda makanan, dia tetap seorang pemburu di hati, dan menggulung kotoran dapat membantu menyembunyikan aroma alaminya dari mangsa.

Menyembunyikan aromanya dari mangsa memungkinkan anjing Anda menyelinap ke mangsa tanpa terdeteksi. Jika mangsa mengira anjing Anda berbau seperti aroma binatang yang tidak terlalu mengancam, ia cenderung tidak akan lari dan akan lebih mudah ditangkap oleh anjing Anda. Ini adalah perilaku lain yang biasa terlihat pada serigala.

5. Mereka Bosan

Meskipun alasan di atas dapat memberi kita gambaran yang baik tentang mengapa anjing kita berguling-guling, banyak dari mereka hanyalah teori yang mungkin berdasarkan perilaku alami anjing dan kerabatnya. Pada kenyataannya, mungkin saja anjing Anda bosan, dan berguling-guling dengan barang-barang bau adalah cara untuk menghibur kebosanan itu.

Misalnya, mungkin anjing Anda menghabiskan banyak waktu di luar rumah saat Anda pergi dan semua mainannya ada di dalam ruangan. Berguling-guling memberikan hiburan, apakah dia benar-benar berguling-guling di kotoran atau tidak. Itu juga bisa menjadi caranya menjelajahi kotoran karena dia penasaran. Sama seperti kita sebagai manusia menemukan cara untuk menghibur kebosanan kita, meskipun kita tidak beralih ke hal-hal yang menjijikkan seperti berguling-guling.

Cara Menghentikan Anjing Anda Berguling-guling di Kotoran
Jika Anda mendapati anjing Anda sering buang air besar, atau bahkan jarang, ada beberapa cara untuk menghentikannya. Dan kabar baiknya adalah karena sulit untuk menentukan mengapa anjing Anda berguling-guling, metode ini efektif terlepas dari apa alasannya.

Bersihkan Kotoran

Jika anjing Anda berguling-guling di kotoran di halaman Anda, salah satu hal termudah yang dapat Anda lakukan adalah mengambil kotorannya . Ini akan melibatkan mengawasi anjing Anda dengan cermat untuk melihat di mana ia buang air besar, atau Anda dapat melatih anjing Anda untuk buang air besar di satu tempat sehingga lebih mudah ditemukan. Tetapi intinya adalah anjing Anda tidak bisa berguling jika tidak ada kotoran untuk masuk.

Alihkan Perhatian Anjing Anda

Cara lain untuk menghentikan anjing Anda berguling-guling, terutama jika Anda berada di taman atau di tempat lain selain halaman Anda, adalah dengan mengalihkan perhatiannya. Sekali lagi, ini melibatkan mengawasi anjing Anda dengan cermat, tetapi jika Anda melihat bahwa dia akan berguling-guling, maka bertepuk tangan atau membuat beberapa jenis suara untuk menjauhkan anjing Anda dari lokasi itu dapat mencegahnya berguling-guling di dalamnya.

Jaga Anjing Anda Diikat

Anda juga mungkin perlu mengikat anjing Anda di tempat umum. Ini biasanya diperlukan, tetapi ini dapat membantu menjaga anjing Anda lebih dekat dengan Anda jika ia cenderung berguling-guling. Anda juga dapat mengajarinya perintah jika Anda melihat bahwa dia akan berguling-guling dan mengikatnya di halaman Anda sampai dia mempelajari perintah tersebut.

Jaga Anjing Anda Terhibur

Terakhir, memastikan anjing Anda terhibur dapat menghentikannya berguling-guling jika dia melakukannya karena bosan. Sediakan banyak mainan jika Anda harus meninggalkan anjing sendirian untuk sementara waktu, dan pastikan untuk bermain dengannya di luar juga. Memiliki anjing lain juga dapat memberikan stimulasi juga.

Kesimpulan

Penyebab pasti anjing Anda berguling-guling di kotoran mungkin sulit untuk ditentukan. Bisa jadi karena insting alami atau hanya karena dia bosan. Tetapi yang tidak sulit untuk ditentukan adalah bahwa memandikan anjing Anda setelah berguling-guling tidak menyenangkan. Itulah mengapa penting untuk menjadi jeli dan proaktif sehingga Anda dapat menghentikan perilaku tersebut agar tidak terjadi lagi.