Mengapa Anjing Makan Rumput

Bukan hal yang aneh melihat anjing Anda memakan rumput, tetapi penyebab perilaku ini dapat bervariasi. Mungkin anjing zaman sekarang mewarisi kecenderungan untuk menggigit tanaman hijau dari nenek moyangnya yang liar, karena anjing liar menunjukkan perilaku yang sama.

Adapun penyebab potensial lainnya, ada beberapa ide dan teori yang didukung penelitian tentang mengapa anjing memakan rumput. Dalam posting ini, kita akan melihat lebih dekat alasan potensial di balik kebiasaan makan rumput anjing Anda.

4 Alasan Utama Anjing Makan Rumput

1. Perilaku Alami

Tampaknya makan rumput hanyalah perilaku anjing yang alami dan naluriah . Anjing mampu menelan dan mentolerir materi tumbuhan dan daging, dan anjing liar makan apa pun yang tersedia dan cukup bergizi untuk membantu mereka bertahan hidup—ini termasuk materi tanaman yang ditemukan di perut mangsanya yang memberikan dorongan serat. Menurut Rumah Sakit VCA, 11% -47% serigala memakan rumput, seperti yang ditunjukkan oleh pemeriksaan sampel tinja.

Meskipun anjing memiliki waktu yang lebih mudah hari ini dengan ketersediaan komersial, makanan bergizi lengkap , naluri alami mereka masih sangat banyak, yang mungkin mengapa tidak jarang anjing makan rumput dari waktu ke waktu.

2. Alasan Kesehatan

Banyak orang percaya bahwa anjing memakan rumput untuk meredakan ketidaknyamanan dan membuat dirinya muntah. Namun, menurut penelitian, sementara beberapa anjing muntah setelah makan rumput, itu tidak biasa seperti yang dipikirkan banyak orang. Hasil satu penelitian menunjukkan bahwa hanya 8% anjing yang menunjukkan tanda-tanda tidak sehat sebelum makan tanaman, dan hanya 22% yang benar-benar muntah setelah makan tanaman.


Teori lain menunjukkan anjing berpotensi makan rumput karena alasan diet, seperti untuk mendapatkan dorongan serat. Juga disarankan agar anjing memakan rumput untuk membantu proses pencernaan dan membantu menyingkirkan parasit usus.

Meskipun demikian, anjing Anda juga dapat menelan parasit dengan memakan rumput, jadi pastikan untuk mengikuti jadwal perawatan pencegahan parasit mereka. Penting juga untuk mengetahui bahan kimia atau pestisida yang Anda gunakan di halaman Anda yang bisa berbahaya jika tertelan oleh anjing Anda.

3. Kebosanan atau Kecemasan

Jika anjing Anda tidak cukup berolahraga atau tidak cukup terstimulasi secara mental, mereka mungkin akan bertindak dan mengunyah sesuatu untuk menghibur diri mereka sendiri. Demikian juga, perilaku berulang atau kompulsif adalah gejala umum kecemasan pada anjing . Cobalah menjaga anjing Anda aktif secara fisik dan mental dengan jalan-jalan, mainan , dan sesi bermain yang cukup setiap hari untuk membantu mereka melepaskan energi mereka dengan cara yang positif.

Jika anjing Anda menunjukkan gejala kecemasan, seperti makan rumput secara kompulsif, atau menunjukkan gejala penyakit lain seperti sering muntah, konsultasikan dengan dokter hewan Anda untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi.

4. Kenikmatan

Ada kemungkinan bahwa anjing yang suka makan rumput hanya mengembangkan rasa untuk itu! Sangat mungkin anjing Anda menyukai kerenyahan rumput—mirip dengan cara manusia menikmati salad—dan rasanya. Jika Anda melihat anjing Anda mengincar rerumputan baru yang rimbun, khususnya, mungkin mereka hanya menikmati sedikit penggembalaan musim semi di persembahan segar alam.

Kesimpulan

Menurut berbagai penelitian, tampaknya, pada umumnya, anjing memakan rumput sesekali adalah hal yang wajar bagi mereka. Yang tidak normal adalah jika anjing Anda makan rumput secara kompulsif, menunjukkan perilaku aneh lainnya secara bersamaan, atau menunjukkan gejala kondisi fisik.

Jika, pada titik tertentu, Anda khawatir tentang kecenderungan anjing Anda yang seperti sapi, bicarakan dengan dokter hewan Anda. Anjing Anda mungkin memerlukan perubahan pola makan , memiliki kondisi kesehatan yang perlu ditangani, atau memiliki masalah perilaku yang disebabkan oleh stres, kecemasan, atau kebosanan.