Tips Menghilangkan Kutu dari Anjing Anda

Anda dan anak anjing Anda bersemangat untuk keluar dan menikmati cuaca hangat musim semi ini. Tapi bersama dengan semua rumput hijau yang indah, bunga berwarna-warni, dan cuaca cerah, musim semi juga berarti kembalinya banyak makhluk kecil seperti lebah, tawon, kutu, nyamuk, dan caplak...hanya menunggu untuk mengunci anjing Anda dan menumpang.

Gigitan kutu membawa penyakit sehingga sangat penting untuk segera mengatasinya.

Bahkan kutu yang tidak disingkirkan dapat menimbulkan risiko kesehatan bagi anak anjing Anda, karena kutu membawa penyakit seperti Penyakit Lyme dan Demam Bercak Gunung Rocky . 

Tahukah Anda bahwa ada sekitar 200 spesies kutu di Amerika Serikat. Mereka dapat bertahan hidup—dan berkembang—di rerumputan pantai, hutan, hutan, halaman rumput, dan bahkan daerah perkotaan.

Kutu dan caplak juga berbeda dalam banyak hal, termasuk jenis parasitnya: Kutu adalah serangga tak bersayap dengan enam kaki yang dapat melompat. Kutu , di sisi lain, adalah arakhnida, yang berarti mereka memiliki enam hingga delapan kaki dan terkait dengan laba-laba. 

Berikut adalah beberapa tip mudah tentang cara menghilangkan kutu dari anjing Anda, milik Blue Buffalo . Pastikan untuk memeriksa situs web mereka untuk artikel lengkap dan banyak informasi perawatan hewan peliharaan hebat lainnya.

Baca Juga: 7 Vacuums Terbaik Untuk Rambut Hewan Peliharaan

  1. Apakah daerah Anda diketahui memiliki kasus penyakit tick borne atau penyakit tick borne? Sebelum Anda membuang kutu yang sudah dibuang, Anda bisa menuangkan alkohol ke dalam wadah kecil yang tertutup dan menyimpan kutu untuk dibawa ke dokter hewan untuk diuji. Ini sangat penting jika anjing Anda mengalami gejala setelah dikeluarkan.
  2. Lindungi diri Anda dengan mengenakan sarung tangan lateks sekali pakai , tersedia di bagian pertolongan pertama di sebagian besar toko kelontong dan toko obat. Kontak langsung dengan area gigitan kutu dan/atau kutu juga dapat membuat Anda berisiko terkena penyakit yang ditularkan melalui kutu. Anda dapat terinfeksi melalui luka di tangan Anda, atau bahkan dengan menyentuh mulut, hidung, atau mata Anda.
  3. Mintalah orang lain membantu Anda menahan anjing Anda selama waktu ini, jika memungkinkan.

  • Hapus kutu dengan aman menggunakan alat penghilang kutu (kadang disebut kunci centang ), atau pinset yang bagus sebelum Anda mulai. Sebagian besar pinset rumah tangga memiliki ujung yang tumpul sehingga pinset yang miring tidak akan berfungsi sebaik pinset yang memiliki ujung runcing.
  • Sebarkan bulu anjing Anda dan gosokkan alkohol pada kutu dan area sekitarnya.
  • Singkirkan kutu dengan menggunakan pinset berujung halus atau alat penghilang kutu sedekat mungkin dengan kulit anjing Anda. Tarik lurus ke atas menggunakan satu gerakan yang rata dan mantap. Usahakan untuk tidak memencet atau menggoyang-goyangkan kutu, hal ini dapat melepaskan cairan tubuh atau membuat bagian mulut atau kepala kutu tetap menempel.
  • Jika mulut kutu atau kepala kutu tetap berada di kulit hewan peliharaan Anda, jangan gunakan pinset untuk menggalinya. Bersihkan area bekas gigitan dengan alkohol lalu kompres hangat pada anjing Anda untuk membantu melepaskan bagian-bagiannya. 
  • Jangan lupa untuk membersihkan tangan dan pinset setelah proses penghilangan kutu.
Menghilangkan kutu, atau lebih buruk lagi, kutu dari anjing Anda mungkin tidak menyenangkan, tetapi sangat penting untuk melakukannya dengan segera dan dengan cara yang benar.

Jika Anda masih melihat kutu mati yang menempel di kulit anjing Anda, segera singkirkan karena kutu mati yang menempel di tubuh anjing Anda masih bisa menularkan penyakit.

Pencegahan Kutu adalah kunci pengendalian kutu yang efektif. Cegah kutu dengan memeriksa kulit anjing Anda untuk kutu secara teratur dan segera menyingkirkannya sehingga Anda dapat menghentikannya agar tidak menjadi lebih buruk.

Ada banyak produk komersial yang dapat Anda gunakan untuk tidak hanya menyingkirkan kutu dewasa tetapi juga telurnya. Produk-produk ini juga dapat langsung membunuh kutu yang ada pada hewan peliharaan Anda hingga dua minggu.

Hapus kutu dengan aman dengan menggunakan  metode alami . Karena manajemen kutu dan kutu alami lembut, aman untuk hewan peliharaan Anda. Untuk efektivitas maksimum, metode pencegahan dan pengendalian alami harus digunakan dalam kombinasi satu sama lain.

Kutu dapat ditangkap sebelum menempel pada kulit anjing Anda dengan menyisir secara teratur menggunakan sisir kutu yang halus. Vakum karpet dan perabotan serta cuci tempat tidur hewan peliharaan secara teratur.

Carilah produk rumput yang mengandung nematoda , yang merupakan mikroba bermanfaat yang memakan larva kutu dan kutu. Mereka aman untuk rumput, hewan peliharaan, dan serangga bermanfaat seperti kepik.